Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Sabtu, 23 November 2019

Kerja dan Kuliah

m ivan setiadi
         Aku adalah orang yang tidak menyukai pelajaran" teori, maka dari itu aku dulu lebih memilih SMK ketimbang SMA. Dan kenapa SMK ? jawabanku "Biar engga kuliah". Sewaktu SMK aku pernah ngobrol sama Ibu, dan Ibu pengen banget Aku bisa kuliah, karena Aku berbakti kepada orang tua, Aku masukkan whislist ketika lulus SMK nanti.

Sebelum lulus SMK, aku sudah punya bayangan mau kemana Aku akan melangkah, aku memilih untuk kerja & kuliah, dan Alhamdulillah, sekarang bisa terlaksana dengan baik, aku pending 1 tahun kuliahku, karena Aku ingin mencari pengalaman bekerja dahulu, biar nanti ketika Aku sambil kuliah, semuanya bisa berjalan dengan baik, dan juga nabung untuk daftar kuliah, karena lumayan juga biayanya.

Dan akhirnya aku kuliah di salah satu universitas swasta di Semarang, jaraknya sekitar 15km dari rumah, dan 8km dari kantor, jarak yang cukup jauh, Aku kuliah sore - malam, karena pagi harus bekerja dahulu. Kuliah sore berat ga sih? kalo aku bilang lumayan berat, soalnya stamina sudah terkuras untuk bekerja di pagi harinya, bahkan kadang juga malamnya lembur kerjaan / ngerjain tugas, ibaratnya temen" yang lain datang dalam keadaan baterai 99%, aku cuma 35%, capek ga mas? kalau masalah capek aku akui capek, cuman kadang ada temen" kampus yang bisa membuat semangat / moodku membaik, jadi capek agak engga berasa sih. Pernah ngeluh mas? manusia ngeluh wajar sih, apalagi kalau kerjaan kantor lagi banyak + tugas kuliah / presentasi banyak, itu rasanya sampai bingung mau ngerjain yang mana dulu, karena semuanya penting. Enaknya apa mas kuliah sambil kerja? enaknya ya Aku jauh lebih punya pengalaman di karir nya, pendidikan juga oke, aku bisa mempunyai pendidikan yang sama dengan temen", Aku bersyukur bisa bekerja lebih awal, karena Aku jauh bisa lebih dewasa, mandiri, dan yang terpenting aku sudah tidak minta uang ke orang tua mulai dari wisuda SMK sampai sekarang, Alhamdulillah....

Cara bagi waktunya gimana mas? caranya dengan membuat prioritas, kalau ada tugas kuliah yang memang mepet, aku prioritasin tugas kuliah dulu, dan sebaliknya. Kadang kalau lagi nunggu dosen / kelas kosong aku sambil ngerjain kerjaan.

Apa saran buat temen" mas? Saranku gunain waktu untuk hal" yang berguna sih, terlebih lagi untuk mempersiapkan masa dewasa kalian, karena range waktunya sangatlah mepet sekali. 

m ivan setiadi / Author & Editor

thank you for visiting, happy reading

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates